Thursday 19 January 2017

Teori DHCP

Assalamualaikum wr.wb.
 
Yo masih apakah kalian masih pada hidup ?? kalau ditanya jawab dikomen aja :v (dadadaad). Kali ini ane menyumbarkan ilmu-ilmu yang ada di tempat pkl ane. Sebelumnya ini permasalahannya dengan pemasukan ip address nah kita langsung aja ke pengertian, fungsi, dan cara kerja dhcp itu bagaimana.

Singkat Cerita aja langsung kita ke pengertian dhcp.

DHCP itu apa ? Kepanjangan Dynamic Host Configuration Protocol. Nah coba kita artikan ke Bahasa Indonesia. 

Dynamic = Dinamis yang berarti mengalir
Host = Perangkat
Configuration = konfikan atau pengaturan
Protocol = aturan

Jadi Pengertian diatas adalah Aturan-aturan pada konfikan ip ke perangkatnya secara dinamis (itu menurut ane). Kalau menurut sumber yang ane baca dari mbah gugel adalah service yang secara otomatis memberikan nomor alamat atau IP kepada PC yang memintanya.

Nah udah tau kan DHCP itu apa? Sekarang kita akan membedakan antara dhcp server dan dhcp client.
Perbedaannya cuman dua. PC yang memberi nomor IP ke lain itu disebut DHCP server. Sedangkan 
DHCP client kebalikannya yang meminta nomor IP tersebut. Dan portnya diantaranya ada 67 dan 68. Port itu berfungsi sebagai cara kerja DHCP.

Nah bagaimanakah si client bisa dapat ip itu ?
Jadi diserver dhcp itu ada namannya IP Pool. IP Pool adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menentukan  kisaran alamat ip yang akan digunakan pada DHCP server dan Point-to-Point server..

Bagaimana cara kita ingin tahu bahwa IP yang kita pakai itu adalah Static atau Dynamic?

Keterangan gambar diatas:

  1. yang tanda panah no 1 itu apa bila kita males memasukan ip address atau tidak tahu ip address yang kita gunakan maka kita menggunakan tanda panah no satu dan itu disebut metode dynamic
  2.  yang tanda panah no 2 itu apa bila kita tahu ip address kita sendiri maka kita masukin sendiri dengan ip address yang kita tahu langsung masukan dan kita klik ok dan itu disebut metode static


Dan bagaimana perbedaan keduanya bahwa kita menggunakan metode keduannya ?

Dynamic
 
Keterangan
Di kasih stabilo itu daerah yang ada di settingan tadi diatas itu ada bacaan DHCP enabled bahwa itu ada bacaan yes maka DHCP yang dari server ke klient itu bekerja atau working.

Static
 
Keterangan
Bila diatas seperti tadi ada bacaan yes maka DHCP berjalan jika tidak ada bacaan yes di bagian DHCP maka itu DHCP nya belom berjalan atau tidak working. Atau anda masangnya static atau belom install DHCP servernya. Ane gak tau gan.

Dan bagaimana cara kerja DHCP itu ?

Jadi cara kerjanya ada beberapa  ,yaitu ada 4 caranya apa aja ????

1. IP Least Request
Dimana Client meminta IP ke server biasanya terjadi BC (Broadcast mencari siserver ini)

2. IP Least Offer
DHCP ini tapi yang server memberikan penawaran ke client tersebut.

3. IP Lease Selection
Di client ini kita memilih penawaran pada DHCP server yang pertama diterima dan kembali melakukan broadcast dengan message atau pesan menyetujui peminjaman tersebut kepada dhcp server

4. Ip lease Acknowlegde
Nah yang terakhir ini apabila ada yang menang memberikan jawaban atas pesan tersebut berupa konfirmasi nomor ip address dan informasi lain kepada client dengan sebuah acknowledgment, lalu si client melakukan inisialisasi dengan mengikat nomor ip tersebut dan dapat bekerja pada jaringan tersebut. Sedangkan Server lain yang mempunyai DHCP  menarik tawaran kembali.

Lanjut ke Kelebihan dan Kekurangan.

Kelebihan

1. Mudah dalam Transfer data ke PC lain atau ke Server. Lalu si DHCP ini menyediakan alamat-alamat IP secara Dinamis dan konfigurasi lain

2. DHCP memungkinkan client menggunakan alamat ip yang tidak bisa dipakai oleh client yang lain

3. DHCP ini juga menggunakan satu alamat ip untuk jangka waktu tertentu dari server untuk Client

4. Menghemat pemberian ip dan waktu beserta tenaga

5. Mencegah ip conflict

Kekurangan DHCP ini adalah semua pemberian IP bergantung pada server, maka dari hal itu jika server mati maka semua yang terkoneksi dengan DHCP ini akan disconnect secara langsung..

Kesimpulan
Jadi bahwa materi yang ane bawa hari ini sangan berwawasan yaitu DHCP dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan. Sekali lagi DHCP itu adalah aturan konfikan pada host secara dinamis. Sekali lagi terima kasih telah mengunjungi blog ane. Apabila ada kesalahan kata atau masih kurang rapi silahkan dikomen

Wassalamualaikum Wr. Wb.



EmoticonEmoticon