Tuesday 10 January 2017

IP Public

Assalamualaikum wr.wb
               Udah lama yak kaga nongol ? Iyain aja pusing owe sama liburan bentrok semuaaaaaa. Yok kali owe bakal kasih tau materi pkl di blog ini apa aja sih materinya ? Banyak gan kita bagi-bagi materi aja. Pertama kali kita akan membahas tentang IP Address.
       
        Apasih itu IP Address?  Jadi sebuah identitas pada komputer atau Host yang ingin menggunakannya bisa terhubung dengan komputer atau host yang lain. Ip Address ini terdiri dari 4 oktet atau blok nah bloknya itu yang terdapat setelah angka contoh 0.0.0.0 ( itu yang blok sebelum dan setelah titik ). Dan didalam oktetnya di isi oleh angka misalnya 0-255. Kenapa dimulai dari 0 ? kalian cari tau sendiri dah itu ujung ujungnya ke biner karna 0 itu sama dengan 1. Karna jadi 4 oktet dan angka tertingginya 255 jadi ip tertinggi dalam ip itu adalah 255.255.255.255 dan yang paling tercekil di ip adalah 0.0.0.0  . Dan dalam ilmu Teknologi khususnya Jurusan TKJ itu akan di perdalam lagi ilmu ada yang namanya subnetting, Perbedaan kelas ip, Perbedaan ip public dan ip private, gateway, dan lain-lain.
               
           Jika anda mempunyai Ip public dari isp lain dan itu tidak bisa digunakan langsung dan anda mesti membagi ke bagian lain seperti ke host yang anda punya jadi seperti ini 
        
         Keterangan Itu yang ip 103.254.126.130 itu ip public dan ip 192.168.5.0/24 itu area daerah ip private.

            Apasih Ip Public itu ? Kegunaan , fungsi, dan ciri-ciri Ip public ? yok kita cari materi Ip public ini.

          Pertama kali kita sebelum mengetahui itu apa pasti kita bakal nyari pengertian hal itu. Apasih Ip public itu ? Menurut saya Ip Public itu ip yang berisikan seperti alamat atau idetitas ini yang berciri-ciri public tentu saja dalam hal ini ia bisa terhubung dengan jaringan internet (namanya juga ip public). Dalam hal ini ip public itu memiliki ciri khas yang bersifat unik. Yaitu tidak ada dua host yang menggunakan ip secara bersamaan/ alamat yang bersamaan.

          Apabila alamat public ini atau ip public sudah aktif secara langsung ( terkoneksi) Ip address ini bisa diakses oleh semua manusia/ orang :v. Untuk masalah terkoneksinya ia mesti membutuhkan perangkat untuk digunakan akses ip public ini yaitu server, router, switch dan lain – lain.

           Ketika hal itu digunakan oleh semua orang  yang mengakses ke server yang menggunakan alamat public tersebut biasanya itu bersifat public atau bisa dibuka oleh semua orang. Bayangkan jika anda mempunyai satu ip public dan isinya seperti cinemaindo.com / ganool.ag pasti semua orang bisa mengakses ke server tersebut. Namun semua role server pasti terbatas untuk para client yang mengakses ke server tersebut.

         How to get IP Public ?? Secara langsung cara kita ingin mendapatkan sebuah ip/ alamat public tidaklah sembarangan , Karena IP public itu ternyata sudah diatur secara International oleh IANA ( Internet Assigned Numbers Authority), untuk wilayah Asia Pasisfik diwakilkan secara langsung oleh pihak APNIC (Asia-Pasific Network Information Centre) ane gak tau wilayahnya dimana. Namun di Indonesia ada 38 perusahaan / lembaga yang terdaftar langsung ke APNIC (mau tahu siapa yang berlangganan? Cari aja di APNIC). Ada beberapa kelompok contoh: Very large, Extra Large ,Large ,medium ,small, very small, accociate. Dan itupun dikategorikan berdasarkan block ip yang dibeli (sewa). Misal PT Telkom dan Indosat yang masuk kedalam kategori “Very large”.

          Untuk megetahui bahwa ip yang di laptop atau host yang berada itu ip nat.  Apasih IP NAT itu ?
IP yang sebagai Translasi alamat ip Public ke IP Private. Dan mana mungkin setiap kompi anda menggunakan ip public pasti gak bisa tersambung lah coy. Maka dari itu telah ditemukan suatu konspirasi yaitu IP private. Nah kita lanjut untuk mengetahui ip public kita itu apa bisa agan-agan lihat di whatsmyip.


        Jadi Kesimpulannya IP address bersifat sebagai alamat atau identitas Komputer dan IP public berasal dari isp yang berfungsi untuk bisa terkoneksi secara langsung ke internet melalui Hardware.
             
Sekian Terima kasih

Wassalamualaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon