Tuesday 24 January 2017

Domain & Hosting

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo gan dan sis semua. Kembali lagi dengan admin web ini. Berhubung ini adalah hari yang enak buat mimin buat postingan yang serba anda pasti tahu. Apa aja materi buat postingan kali ini ?? mau tahu ? yok kita cek aja dibawah ini.
Yaitu ada Hosting dan Domain. Didalam materi ini admin akan memposting apa pengertiannya , contoh, dan lain-lain yang berkaitan dengan materi ini. Sebelumnya admin pengen tahu biasanya website blogger.com itu apa sih? Nah itu adalah sebuah website yang bernama blogger dan setelah itu ada tanda titik dan diakhiri dengan com. Com itu apa sih ? com itu ekstensi domain yang bernama Commercial yang artinya komersi. Nah jadi biasanya yang dipake di url itu ada ekstensi domain yang beragam. Pernahkah anda berfikir “bagaimana caranya web itu terbuka dan isi-isinya berasal dari mana ?” Sekarang kita masuk ke pengertian domain dan hosting.

Domain
Domain adalah nama yang diberikan oleh DNS agar dapat dibaca sebagai Name Server Komputer seperti halnya Web server dan mail server di internet. DNS ini mudah mengenali dan mengakses suatu situs tanpa menghafal ip address situs tersebut. Contoh: misalkan anda membuka web url tetapi mesti make ip. Apakah anda bisa menghapalnya ?? coba anda buka facebook dengan ipnya apakah anda tahu? Nah dengan adanya domain ini anda tidak harus menghapal ip address, cuman nama url doang.
Domain juga ada penamaannya ada yang disebut gTLD atau generic Top Level Domain, dan Country Code Top level domain.

gTLD
domain ini dasarnya dipakai secara international yang dikelola oleh IANA. Contoh gTLD adalah
.com, .net, .org, .edu, .mil, .biz, .info, dan masih banyak lagi.

ccTLD
domain ini dasarnya dimiliki oleh sebuah negara untuk menandakan ip address sebuah negara tersebut. Contoh ccTLD adalah .id, .br, .es, dan lain lain.

Dan ketika kita sudah belajar domain , otomatis kita berfikir bagaimana web itu data-datanya dimana ? dengan adanya itu ada sebuah teknologi yang bernama hosting yang berfungsi sebagai menaruh data-data web anda. Pasti ada server ntah disuatu tempat kali. Ya lanjut saja kita ke pengertian hosting.

Hosting
Hosting adalah sebuah space atau ruang yang bisa digunain untuk menyimpan file/data yang anda inginkan ada hubungannya dengan website anda, contoh file yang ada disini tuh ada file HTML, PHP, Musik, Video, dan lain-lain. Ibarat hosting ini seperti data penyimpanan seperti flashdisk atau harddisk, kalau untuk menghubungkannya domain dan hosting agar dapat working 100 %. Anda harus menyetting atau menyingkron server hosting anda ke domain yang anda punya.

Untuk mendapatkan hosting dan domain tersebut anda bisa menyewa ke provider web hosting dengan settingan yang anda mau dan harga tertentu, biasanya menggunakan sistem sewa 3 bulan, atau 6 bulan, bahkan pertahun. Biasanya provider web hosting sekaligus menjual domain. Tapi ada juga yang menjual domain terpisah, misalkan providerA menyediakan hosting dan domainnya dibeli dari providerB.

Selain berbayar ternyata ada juga yang gratis yang biasanya dipakai untuk proses belajar. Agan dapat mengunjungi www.rumahweb.com tapi tentu saja ada syarat dan ketentuannya.

Fungsi mereka ini sangat bekerja. Yang satunya mempermudah menghafal url tanpa ip dan bisa menyimpan storage web tersebut ke server sewaan. Ada kelebihan dan kekurangan dari kedua itu. Apakah di bagian fiturnya, berbeda dengan yang berbayar, penuh iklan, data tidak terjamin , server selalu labil, desainnya itu itu aja, atau kapasitasnya ? saya tidak tahu mungkin kalo ane bisa ngerasain itu bakal ngeposting lagi tentang perbedaan yang berbayar atau tidak. Lebih baik main aman dari pada kena imbasnya. Tetapi juga harus ingat semua ada jalannnya dan mesti tawakal :v.

Apabaiknya kita akhirin dulu ini udah mumet pala ane.

Wassalamualaikum wr. Wb.

Apa bila ada kata-kata tidak bener mohon di comment aja :v.


EmoticonEmoticon