Tuesday 31 January 2017

NTP, SSH, Telnet

Assalamualaikum wr. wb.

Hai agan-agan, admin kali ini akan menjabarkan materi yang berkaitan dengan jaringan dan server. Apa aja sih materi hari ini ? Lanjut saja List ada di gambar bawah ini. Materi ini isinya mengenai pengertian, fungsi, kelebihan/kekurangan, dan lain-lain. Langsung saja ke materinya.
Yang pertama ada NTP

NTP kepanjangan dari Network Time Protocol. yang arti dalam bahasa indonesiannya adalah protokol jaringan waktu. Menurut istilah ini protokol untuk sinkronisasi jam pada komputer. NTP ini menggunakan UDP pada port 123 sebagai lapisan transport. 

NTP merupakan salah satu tertua protokol internet yang masih digunakan hingga sekarang sejak tahun 1985. NTP ini dirancang oleh Dave Mills dari University of Delaware.

NTP berfungsi untuk menyamakan waktu dari setiap komputer yang terhubung dalam jarigan dengan komputer server dalam jaringan tersebut.

Kedua ada Telnet dan SSH

Telnet

Telnet itu kepanjangan dari Telecommunications Network Protocol. nah Telnet ini berfungsi sebagai alat komunikasi antara client ke server sehingga dapat meremote dari jarak jauh ke komputer lain.

telnet ini seperti remote login kepada client atau pengguna dari jauh. Jika kita ingin melakukan remote ini mesti terhubung ke jaringan internet sampai si pengguna ini mendapatkan akses remote dalam jarak jauh melalui jaringan internet dia. Port yang biasa digunakan untuk Telnet ini adalah 23.

Fungsi Telnet


Telnet ini berfungsi sebagai layanan remote login lewat jaringan sehingga si client ini bisa mengakses kompi atau server lain walau  jaraknya jauh.  Dari itu Telnet ini berguna sebagai layanan atau dalam hal itu sebagai fasilitas remote login

Kelebihan dan Kekurangan Telnet ini


Kelebihan Telnet berupa Remote login jarak jauh sehingga lo-lo pada nggak mesti datang ke tkp cuman monitoring doang, kalau ada telnet kan jadi mudah cuman tinggal ente butuh koneksi buat ngeremote pc atau tujuan anda kemana.

Kekurangan Telnet Berupa no enkripsi, maksud dari ini tuh keamanan data melalui internet itu kurang. Bisa aja data ente kecomot orang lain. Sehingga ada teknologi abis ini namanya SSH. Data anda terenkripsi dan tidak bisa dicomot orang lain.

SSH itu apa sih ?



SSH kepanjangan dari Secure Shell. Secure Shell ini sebuah protocol jaringan yang fungsinya sama dengan telnet tadi tetapi ada perbedaan diantara berdua itu. Dari segi keamanan SSH lebih aman dari para orang yang mau comot data ente tadi. Biasanya orang menggunakan SSH dalam windows adalah Aplikasi Putty. Untuk mau remote SSH ini dengan port yang biasa digunakan yaitu 22. Dalam OS linux SSH banyak digunakan di linux atau unix.

Fungsi SSH ini sangat Benefit bagi para peremote.
Kenapa Benefit ?

Fungsi SSH disini tuh menggantikan protocol remote shell yang tidak aman dari segi keamanan seperti Telnet , Rlogin, FTP dan RSH. Dengan adanya SSH ini sangat aman dari segi keamanan dan data lo terjamin tidak ada yang tahu ketika lo gunain jaringan inet untuk Remote server atau Pc. Ada beberapa fungsi ssh sebagai berikut.

  •  Enkripsi dalam data ente pas ngirim
  •  Protokol untuk Transmisi data dalam jaringan
  •  Otentifikasi agar si server dan si client ini benar dan aman saat menggunakan ssh ini
  •  Secret dari bahaya atau ancaman hacker :v. bila Datanya diambil kemungkinan ia komputernya tidak bisa menerjemah paket ia yang diambil. Dan kemungkinan pengertian dari secret ini benar benar terenkripsi sepenuhnya dan hanya yang tahu cuman si server dan client.
Perbedaan Telnet dan SSH ini
Ketika anda mengakses sebuah server menggunakan Telnet ini sangat-sangat berbahaya. Kenapa ? karenan Telnet tidak aman seperti SSH dan SSH ini sangat bagus untuk meremote sebuah pc atau server karena ente ketika mengakses sebuah server dan pc sangat terenkripsi sekecil-kecilnya bila ada hacker dan data itu bisa diambil maka komputer yang diakses hacker ini akan sulit menerjemah bahasa yang diambil oleh ssh tadi.


Jadi kesimpulan post blog ini adalah NTP itu adalah alat software untuk singkronisasi waktu PC dalam suatu jaringan ke server yang ada di dalam jaringan itu. Serta SSH dan Telnet itu buat ngeremote suatu pc dan server. Dan yang paling aman kita menggunakan yaitu SSH ,karena ssh aman dari Orang orang yang tidak mau tanggung jawab.

Yak sekian dari saya apabila blognya gak jelas mohon dimaklumi.
Wassalamualaikum wr. wb.


EmoticonEmoticon