Thursday 19 January 2017

IP Private

Assalamualaikum wr.wb

Selamat Selamat Jomblo gan. :v Sebelumnya bersama saya di DC yak Dreadchase :v kali ini gw nih bakal ngelanjutin materi sebelumnya dan ini sekarang pasangan yang biasanya di pakai oleh jaringan lan (Lokal Area Network). Pernah gak sih lu lu pada mikir mikir tentang ip ini ???? tentu saja ip ini rerata banyak digunakan di warnet, perusahaan, atau yang intinya disitu biasanya terdapat ip privasi yang bisa digunakan untuk akses di linkungan intranet.

 Apa pengertian IP private itu ?
Namanya juga Private pasti privasi ??? Ada kemungkinannya sih :v tetapi dalam hal ini digunakan dalam linkupan jaringan local atau jaringan sekitarnya. Tetapi sebelumnya anda mesti mempunyai ip public yang bisa anda beli di ISP lalu anda bisa menggunakan dengan sebaik baiknya :v kaga lah. Ip private ini bersifat local dan tidak bisa anda gunakan untuk mengakses internet dan penggunaanya secara bebas berarti anda bisa melakukan se-enaknya :v.

Btw ip private ini bisa terhubung dengan internet jika kita mensetting di router itu NAT biasanya ada di fitur router tersebut misalkan contoh mikrotik anda bisa menambahkan command “ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether berapa action=masquerade” dan “ip route add gateway=ip anda yang diberikan isp

Selanjutnya ane bakal ngasih tau aja :v (mumpung masih belajar)

Dalam ip private ini persis banget dah kaya no telpon local area seperti yang ada di kantor/ perusahaan lainnya bahkan bila ia menelpon ke sesame area local bisa tanpa mengeluarkan pulsa. Tetapi bila lu ingin menelpon keluar tidak bisa kenapa yo ? karna mesti ada satu nomor telpon yang ingin keluar atau anda bisa mendaftar nomor telepon ke Telkom semacam ip public agar lu bisa menelpon ke semua nomor di luar area local:v.

IANA (Internet Assigned Number Authority) telah mengalokasi tiga blok berikut ruang alamat ip untuk jaringan pribadi : v
               - Kelas A 10.0.0.0-10.255.255.255 (Total Addresses: 16,777,216)
               - Kelas B 172.16.0.0 – 172.31.255.255 (Total Addresses: 1,048,576)
               - Kelas C 192.168.0.0 – 192.168.255.255 (Total Addresses: 65,536)

Ternyata Ip private ini digunakan untuk penomoran komputer / host dalam jaringan local termasuk rumah, sekolah, dan LAN perusahaan. Yang kemungkinan teori ini bisa digunakan contoh jika lu punya warnet tapi ingin di kasih ip kenapa tidak memakai cara ini ? karna cara ini lebih simple, administrator jaringan local bebas menetapkan alamat ip dari pilihan atau kemauan sendiri contoh lu punya 20 pc tapi lu ingin ip di pc itu 192.168.0.0/24 pasti bisa dengan ip itu, jangan lupa lu setting di router anda kalau ingin pc tersebut bisa online keluar.

Sekarang ane bakal kasih contoh aja tentang LAN Desain
Itu adalah lan desain ane cuman simple aja yang deket cloud itu adalah ip public yaitu ip yang berasal dari isp yang kita langganan. Sedangkan ane punya 2 pc host yang didaerah switch itu adalah ip privatenta Karena kita ingin memakai internet maka kita settingin di settingan routernya dengan command diatas Scrollup aja. Untuk commandnya. Jika commandnya sudah maka otomatis bisa tersambung jika benar anda memasukan command tersebut. Maka ia bisa terkoneksi ke internet.
Bila sebelumnya ip publiknya tidak ada maka kita berada dalam ip private karna ip ini cuman simple tanpa biaya tetapi ada kekurangannya tidak bisa terkoneksi ke internet.

Jadi kesimpulannya tentang ini bahwa ip private ini sangat murah Karena cuman terhubung dengan satu area,tetapi kekuranganya bahwa ketika ingin mendapatkan akses keluar ia tidak dapet maka terjadi kita mesti registrasi sehingga dapet akses keluar.

Sekian dari saya apabila emang sudah pas banget dengan kata kata ini. Jika anda berpendapat untuk mengeluarkan pendapat kami terbuka kok :v oh iya sama satu lagi jika anda ingin merepost post ini sertai dengan sumber ya kasih aja alamat blog ane aja .

Wasslamualaikum wr.wb. 23



EmoticonEmoticon