Monday 30 January 2017

FTP dan SFTP

Assalamualaikum wr.wb.
Salam Sejahterah untuk kita semua :v. Hey guys, Whats up how are you ? fine or not ? :v dah kali ini ane akan menjelaskan tentang FTP dan SFTP. Sebelum itu baca-baca dulu postingan ane.Ane baik hati kok ngepost postingan ini. langsung saja kita kematerinya. kali ini ane bakal ngejelasin tentang File storage atau FTP dan SFTP. Bingung kan ? sama ane juga bingung. mau langsung aja ? yok ah kapan lagi. kaya thejack aja :v

Dalam materi ini seperti biasa ane ngejelasin tentang isi-isinya materi ini. dan pertama ane ngejelasin tentang FTP

Apasih itu FTP ?

FTP itu kepanjangan dari File Transfer Protokol. yang istilahnya yaitu merupakan protokol internet yang berjalan di osi layer ditingkat lapisan aplikasi yang merupakan standart untuk pengiriman data komputer antar komputer atau yang lain di satu jaringan.


Jika anda ingin download atau upload itu semua adalah peran dari FTP ini. Dengan teknologi ini bisa mendownload atau mengupload file kita ke luar misalnya seperti client ke server.

Seperti tadi yang dikatakan ada client dan server. FTP server ini bertugas sebagai layanan ke Client dalam proses pengirman data, ketika si client ini meminta data ke server ini maka ia mesti ngerequest paket yang akan diminta oleh si client ke server.

Sedangkan ketika paket request si client itu mengarah ke ftp server menggunakan protokol TCP yang biasa digunakan untuk mengirim komusikasi data client ke server. Port untuk mengakses FTP ini biasanya 21.

Fungsi FTP ini ?

Fungsi FTP ini adalah sebagai mempercepat kita mentransfer data ke lain. Cara transfer ini ada unggahan dan unduhan ya dalam inggris ada upload dan download. Dengan adanya teknologi ini bisa berbagi atau sharing data ke yang lain. asalkan itu terhubung dengan FTP. Ya diibaratkan kaya rumah aja, lu pengen tidur ya dirumah.

Cara kerja FTP ini ?


Cara kerja FTP dengan metode autentikasi standart, dimana ada username dan password untuk masuk sebagai akses ke FTP server ini. Sebelum itu Username dan password anda ada di list server FTP tersebut. FTP server ini mesti anda konfigurasi semaksimal mungkin untuk bisa membuat, menyalin, memindahkan atau menghapus berkas data yang ada di server berikut.


Biasanya FTP ini ada dua metode ada yang menggunakan anonymous doang, user + password. bisa anda lihat dengan konfigurasi yang telah ane post pada postingan sebelumnya. Ada yang cuman tanpa password dan password.

BTW.. ketika kita memakai FTP ini kemungkinan data kita bisa tercomot oleh orang lain karena tidak secure seperti SSH. Dengan adanya teknologi ini dinamakan SFTP. Bedanya apa sih ? yok ke SFTP aja langsung.

Pengertian SFTP itu apa ?

SFTP kepanjanga dari Secure File Transfer Protocol, mirip seperti FTP tetapi ini lebih secure atau aman. Dan kalo tadi login dengan SSH. Kenapa pakai SSH ? Karena Secure data lebih terjamin dari tidak makai SSH karena bisa aja data kau itu tercomot orang. Port yang digunakan dalam SFTP ini adalah 22


Nah dalam pengertian tadi ada SSH, SSH itu apa gan ? Jadi SSH itu adalah Secure Shell ntar admin post tentang SSH dan Telnet tunggu aja di postingan selanjutnya :v.

Summary

FTP adalah tempat pengiriman data/ Trasnfer data seperti upload dan download. FTP ini bekerja pada layer aplikasi, dan mengarah ke protokol TCP. Sesuai dengan port FTP ini 21. Dengan adanya teknologi ini sangat bermanfaat seperti mengurangi waktu coba anda lihat warnet ane fikir itu menggunakan flashdisk kaya dicolok satu pc jika udah kepc lain ternyata tidak ada di file server admin. Jika warnet itu ada update maka gampang tinggal buka ftp sebar kelain. Anggap aja ini memudahkan pekerjaan manusia. lalu Perbedaan FTP dan SFTP itu apa ? Cuman di keamanan doang kalau lau tidak memakai seperti SSL atau apa dalam istilah Secure itu pasti ada data yang bisa diambil oleh orang lain. Maka dari itu keunggulan SFTP itu ada dikeamanan biar data ente tidak tercuri secara cuma-cuma.

Cukup sekian aja udah banyak ane cape :v
Jan sering belajar pahami juga dunia luar.

Thanks gan kalo ada kata kata ngawur commend aja :v
Wassalamualaikum wr. wb


EmoticonEmoticon