Thursday 4 May 2017

Mikrotik | Version | Upgrade & Downgrade

Assalamualaikum wr.wb.

Selamat Sentausa untuk kita semua yang mengunjungi blog ini. Dengan kesempatan kali ini, saya mau share atau kasih tau tentang materi mikrotik. Kali ini tentang apaa? Upgrade dan Downgrade mikrotik. Sebelum ke tutorialnya mari kita bahas pengertiannya.

Upgrade
ini bisa dibilang memperbarui suatu paket yang ada pada router mikrotik dan meningkatkan suatu versi sebelumnya ke versi yang terbaru. dan biasanya orang mengupgrade mikrotik di karenakan untuk mengatasi kekurangan yang ada pada versi sebelumnnya.
Downgrade
ini bisa dibalang  menurunkan suatu versi mikrotik ke versi yang sebelumnnya, di karenakan pada suatu versi yang terbaru masih mengalami ketidakcocokan pada router mikrotik kita atau pada versi terbarunya masih memiliki bug.

Sebelum kita mengupgrade atau downgrade router mikrotik kita mesti tahu arsitektur apa yang ada dimikrotik tersebut apakah mipsbe, smips, atau x86 nah untuk mencari tahu kalian bisa membuka winbox dan ada di bagian atas ada bacaan arsitekturnya. contohnya seperti dibawah ini.

Saya mempunyai 3 gambar arsitektur dari mikrotik yaitu

Smips



Mipsbe



X86 


Dan kita lanjut saja ketutorialnya yaitu saya akan mengeshare tutorial upgrade downgrade secara manual di arsitektur mipsbe dan untuk upgrade otomatis disini saya menggunakan x86

Upgrade

1. Pertama kita siapkan paket untuk upgrade si router tersebut bisa anda download disini. Lalu buka winbox Klik bagian Files dan buka file download-tan anda didrag and drop ke dalam winbox dibagian file list tersebut. Maka winbox itu otomatis akan membaca file tersebut ke dalam router.

Disini saya menggunakan versi 6.33 akan merubah ke 6.33.1, itu menggunakan routerboard dengan tipe RB951-2n


2. Bila filenya telah diupload maka otomatis file tersebut berada didalam list file list tersebut.


3. Dan kita segera reboot untuk upgrade otomatis ketika direboot. Dan ketika direboot si file upgrade ini bakal bekerja secara otomatis.


4. Kita check lagi dibagian atas apakah sudah terupgrade atau belom. Jika sudah maka lihat dibagian yang saya tandai kuning apa bila ada bacaan v6.33.1 itu telah diupgrade  otomatis dan anda bisa lihat versi paket apa saja yang telah terinstall.


Downgrade

1. Untuk bagian Downgrade ini saya mengubah versi 6.33.1 ke 6.33. Sama hal juga Drag and drop file npk ke dalam winbox tersebut lalu siwinbox akan mengupload tersebut.


2. Ketika sudah diupload filenya maka kita buka package dibagian system lalu kita downgrade versi router tersebut dengan klik downgrade dibagian yang ada tanda merah digambar.


3. Untuk mengdowngradenya maka diperlukan reboot maka kita akan reboot si router tersebut. 

4. Dan ketika sudah direboot lalu login lagi maka router os ditanda kuning berubah versi menjadi 6.33 maka untuk downgrade telah berhasil. Untuk melihat versi paket yang didowngrade apa saja maka kita buka dibagian package didalam system.


Automatic

Untuk automatic upgrade saya disini menggunakan router hap-lite untuk tutorialnya mari kita simak.

1. Dalam hal ini dibutuhkan akses internet karena agar mendownload paket upgrade tersebut. Disini saya memakai RB951-2n dengan arsitektur mispbe, dan kita buka di bagian package didalam system dan setelah keluar maka kita klik check for update untuk update otomatis.


2. Setelah muncul kita bandingkan versi sebelumnya dengan baru yang dari server mikrotik tersebut, lalu download dan upgrade

3. Tunggu sebentar untuk download versi selanjutnya.

4, Ketika sudah didownload maka kita akan putus dari router tersebut. karena si router melakukan upgrade otomatis.

5. Ketika buka diwinbox maka kita lihat versi terbarunya. Dan kita masuk ke dalam router tersebut.

6. Yay ketika kita lihat versi diatas maka versinya berbeda dari yang sebelumnya dari 5.26 ke 6.37.1 :v.

Cukup sekian dari materi ini. Apabila ada kesalahan mohon dikomentar.
Wassalamualaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon