Thursday 4 May 2017

Lab MikroTik | Package | Disable & Enable

Assalamualaikum wr.wb.

Kembali lagi diblog ini Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang disable dan enable paket yang ada dimikrotik. 
Jadi disini saya akan menjelaskan disable &enable paket mikrotik tersebut. Paketnya itu DHCP. kenapa saya disable ? karena saya mau client saya menghapal ip address untuk client yang terhubung ke router tersebut. yuk lanjut saja ke disable dan enable paket mikrotik. Btw saya memakai router RB915G-2HnD

1. Kita buka winbox lalu login. Setelah itu kita buka ke system lalu pakcage dan muncul paket list yang berada seperti digambar.

2. Kita pilih Packet DHCP untuk didisable kan.

3. Lalu ketika sudah di Disable maka akan muncul seperti dibawah ini, karena sudah dijadwalkan untuk didisable paket tersebut saat direboot. maka kita reboot router tersebut. Dan sebelum kita reboot kita bandingkan apa saja akses yang dicopot bila paket dhcp disable. yaitu pada sebelum di disable maka ada 3 yaitu dhcp server, client dan relay.

4. Setelah di Reboot maka kita buka Package list maka paket dhcp tersable dengan sendiri dengan kita lihat service apa saja yang telah dicopot. yaitu 3 service dhcp tersebut.

Enable

1. Untuk mengenable paket tersebut kita pilih paket dhcp dan klik enable.

2.  Maka akan muncul tanda dijadwalkan saat direboot maka kita reboot seperti tadi. Dan kita lihat perbandingan lagi setelah kita enable paket dhcp tersebut.

4. Setelah direboot maka kita login kembali dan lihat paket list tersebut pada dhcp berjalan dan kita lihat lagi 3 service tersebut di kolom ip yaitu dhcp server, client dan relay.

Kenapa saya milih DHCP ? karena DHCP itu ketika saya berfikir memberi ip secara otomatis itu membuat saya lupa terhadap ip saya sendiri maka saya disable untuk tidak lupa begitu juga untuk mengingat mengingat kepada client agar dia mengingat apa yang saya ingat. Dan jika ini dibobol maka otomatis dhcp ini tidak berjalan maka orang yang ingin mengebol router saya maka tidak tau ip addressnya.

Cukup sekian Materi dari ini apabila ada kekurangan mohon dikomentar.
Wassalamualaikum wr.wb.



EmoticonEmoticon