Sunday 7 May 2017

LAB Centos 8.14 | NGINX | Userdir On Centos 7

Assalamualaikum wr. wb.

Kembali lagi diblog ini :v...... kenapa ya akhir akhir ini kita ngelanjutin materi centos ? :v wkwkwk sama bingung. yops materi ini lanjutan dari yang kemaren wkwkwkwk. Yaitu materinya adalah Userdir pada nginx di centos 7. Userdir itu apaa? jadi misalnya ketika lu punya client yang kepengen buat web maka otomatis kita beri hak akses user berupa direktori agar si client bisa ngelola file directory yang kita kasih. ya diibaratkan kita buka lahan lah dia yang mau ngapain lahan yang kita sediakan :v  kaya dipasar aja bre. :v yops Kita ke konfigurasiya ckckck.

Untuk topologinya.

Yang kita butuhkan saat ini:

  • 1. User
  • 2.Centos 7 
Ketika sudah dilengkapi maka check this out :v

Server

1. Pertama, buat user beserta password nya terlebih dulu yang nantinya user ini akan digunakan untuk mengakses direktori Web nya sendiri


2. Kemudian buat userdir pada file konfigurasi virtual host yang sudah dibuat. Disini saya membuatnya di direktori /etc/nginx/conf.d/ 

3. Setelah itu tambahkan script seperti yang sudah tandai dibawah. Disini saya membuat userdir di domain www.hafizi.net
Keterangan: 
  • location ~ ^/~(.+?)(/.*)?$ berfungsi untuk menambahkan direktori home suatu user agar dapat diakses pada web. Untuk mengakses Web userdir, kita harus mengetikkan http://domain/~user/. ^/~(.+?)(/.*)?$ merupakan Regular Expressions atau yang biasa dikenal dengan sebutan REGEX yang menunjukkan sebuah user. 
  • /home/$1/public_html$2 berfungsi sebagai pengganti lokasi yang ditentukan, jadii alias yang ada disini berguna untuk menggantikan konten dari direktori yang seharusnya diletakkan di ~user menjadi di /home/$1/public_html$2. $1 disitu menunjukkan semua user yang ada pada server, sedangkan untuk public_html, itu merupakan direktori didalam /home/user. 
  • index index.html index.htm digunakan untuk mendefinisikan file index yang digunakan oleh Web 
  • autoindex on merupakan module yang digunakan untuk memproses semua yang berakhiran dari karakter slash ('/')

4. Lalu kita restart service agar berjalan normal

5. Kemudian lakukan perintah seperti dibawah ini
keterangan : 
  • mkdir /home/hafizi/public_html digunakan untuk membuat direktori public_html pada userdir
  • chmod 711 /home/hafizi/ (owner: r-w-x, group: x. other: x) berfungsi untuk memberikan hak akses pada group ivanfrost dan user lain. Jadii supaya semua orang bisa melihat file yang merupakan konten dari Web userdir yang sudah dieksekusi oleh httpd untuk ditampilkan menjadi konten web (hanya untuk direktori yang telah diberikan akses read terhadap user lain)
  • chown hafizi:hafizi /home/hafizi/public_html/ berguna untuk mengatur ownership atau kepemilikan terhadap direktori /home/ivanfrost/public_html/ pada user dan group ivanfrost
  • chmod 755 /home/hafizi/public_html/ ( owner: r-w-x, group: r-x. other: r-x) berfungsi untuk memberikan permission atau hak akses read dan execute terhadap semua user. Direktori ini diberikan akses execute agar dapat di eksekusi oleh service httpd untuk melayani request dari userdir.
  • chcon -R -t httpd_sys_content_t /home/hafizi/public_html/ digunakan untuk mengubah selinux security context terhadap direktori /home/hafizi/public_html secara keseluruhan agar dapat diakses oleh http sebagai direktori yang berisi konten website.
6.Setelah itu buat file index.html didalam direktori yang sudah ditentukan didalam konfigurasi tadi


7. Isikan Script HTML jika sudah save

8. Lalu beri permission rw-r-r dengan oktal 644 untuk file index.html yang sudah dibuat sebelumnya 

9.  Selanjutnya, kita atur selinux boelan agar client diizinkan untuk mengakses userdir 


Client

1. Terakhir, kita lakukan pengetesan pada web browser client dengan mengetikkan nama domain kalian yang diakhiri dengan /~namauserdir yang kalian buat.


Oke oce cukup sekian dari materi ini. Apabila ada kekurangan koment ya.
Wassalamualaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon