Saturday 6 May 2017

LAB Centos 8.12 | NGINX | Nginx On Centos 7

Assalamualaikum wr.wb.

Yoo, Apakabar kita semua ? selang sehari untuk meluangkan diri wkwkwk. Yaps saya kali ini akan membawakan materi baru yaitu Nginx Yang sebelumnya itu Apache. sama sama Web server mereka berdua. Nah Lanjut saja Ke Pengertian Nginx ini. Yukk Capcus.

Nginx atau Engine X server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Kode sumber nginx ditulis oleh seorang warga negara Rusia yang bernama Igor Sysoev pada tahun 2002 dan dirilis ke publik pada tahun 2004. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya.


Dan untuk melakukan installasi Nginx ini kita butuh Repository Epel, Repository ini berfungsi di 64 bit untuk CentOS 7 kalau CentOS 7 anda 32 bit Repo ini otomatis tidak berjalan karena berbeda arsitektur. Kalau anda memakai 32 bit saya sarankan memakai CentOS 6 Karena Repo Epel untuk 32 bit berfungsi di Centos 6. Yuk Capcus kita ke Konfigurasinya Untuk Topologinya :
Udah lihat Kan topologinya ? Terus yang Dibutuhkan Untuk membuat Web server ini adalah:

  • DNS
  • Kuota
  • CentOS 7 64bit
Yuk Capcus Ke konfigurasinya

Server

1. Pertama, kita install Repository Epel terlebih dulu. Saat menginstall Repository Epel ini, kita memerlukan koneksi internet, jadi pastikan Server CentOS kalian sudah terhubung ke internet kalau anda tidak ada koneksi internet segera beli kuota :v

"yum install wget -y"
Lalu Kita download Repo Epelnya.
"wget http://dl.fedoraproject.org/pub/epel/7/x86_64/e/epel-release-7-9.noarch.rpm"
Kemudian kita install Paket tadi yang didownload.
"rpm -ivh epel-release-7-9.noarch.rpm"
Bisa juga dengan cara langsung seperti ini.
" yum install epel-release -y"
2. Setelah itu, kita install Nginx dengan perintah

"yum install nginx -y"
3. Selanjutnya, kita edit file konfigurasi Nginx, yaitu nginx.conf yang terletak di direktori /etc/nginx

"nano /etc/nginx/nginx.conf"
4. Kemudian cari syntax server_name dan tambahkan nama domain kalian. server_name digunakan untuk mendefinisikan nama server untuk web server tersebut.
5. Lalu kita start dan enable Nginx tersebut dapat running otomatis saat komputer restart
6. Selanjutnya, kita masukkan service httpd kedalam firewall, kemudian reload firewall nya
Client 

1. Buka Web browser pada client, kemudian ketikkan nama domain server nginx kalian pada address bar di browser tersebut.
Maka tampilan akan default sesuai yang dari web server tersebut. untuk mengedit halaman itu maka kita akan konfigurasi html tersebut.

Server Configuration

1. Konten Web default Nginx berada di direktori /usr/share/nginx/html/ yang bernama index.html, Jika kalian merubah tampilan dari Web default nya kalian bisa mengedit file tersebut. Disini saya akan mencoba mengganti halaman Web nya dan membackup Halaman Web default dari Nginx lalu kita edit halaman index.html

2. Lalu masukan script sebagai berikut.
3. Dan kita buka diweb browser apakah seperti tadi yang kita setting ? kalau iya berarti benar.
yay :v selesai tunggu next post ya
Wassalamualaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon