Thursday 27 April 2017

MikroTik LAB | Connect | Internet From AP-Hotspot HP to MikroTik

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat bahagia kepada yang mengunjungi blog ini. Ketemu lagi materi blog ini kali ini admin ngeshare tentang materi mikrotik. Materinya apa ajaa ? Tentang mongkoneksikan Hotspot Hape dengan Wireless Mikrotik. Disini Saya menggunakan routerboard yang bernama. RB951G-2HnD


Berikut model routernya.





Fungsi metode ini kita mengakses internet menggunakan Hotspot kita sendiri. Jadi dalam langkah ini kita membutuhkan:

  1. Routerboard yang ada wireless
  2. Hotspot Hape yang ada kuotanya.

Lanjut saja kita ke tutorial tentang postingan ini. Simak dan ikuti langkah-langkahnya.

1. Pertama kita buat SSID di hotspot hape sesuai yang anda inginkan. Lalu SSID sama passwordnya anda mesti hapal karena akan digunakan pada langkah berikutnya.


2. Aktifkan Perangkat Hotspot anda. pada bagian WLAN hotspot. Tinggal digeser ke Kanan.
Lalu saya disini meremote dengan winbox. lalu Kita buka tool di tampilan sebelah kiri lalu pilih new terminal. Jadi disini saya bakal ngasih tau secara script. Untuk GUInya dimohon untuk bersabar.

Setelah dibuka lalu kita check interface. Dan lihat Interface wlan apakah sudah di aktifkan atau tidak. Jika tidak maka aktifkan dengan " Interface Enable (interface apa)" lalu kita "Interface print" untuk melihat status apakah sudah diaktifkan atau belom. Karena kita menggunakan wireless maka kita enable si Interface wlan ini.



Jika sudah Lalu kita buat security profile terlebih dahulu. Apasih Security profile itu ? jadi security profile itu berfungsi sebagai keamanan seperti apa yang dipakai pada suatu wifi tersebut.

Kenapa kita membuat Security profile ini? Password Hotspot tujuannya untuk sirouter bisa mengakses ap hotspot hape dengan cara wireless. Lalu dibagian kita setting ini ada settingan default dari mikrotiknya yaitu "None".

Konfigurasi Diatas ini menunjukan Kita membuat Security profile yang bernama="azrichwifi" Kita modekan ke kunci dinamis. pada authentication-types itu merupakan type autentikasi atau keamanan apa yang digunakan wifi tersebut, karena tadi di Android saya atur WPA2 PSK. maka disini harus disamakan juga. Kemudian wpa2-pre-shared-key merupakan password/sandinya, karena tadi di Android saya atur passwordnya menjadi "MuhammadAzri", maka disini juga harus disamakan.

Dan kita setting konfigurasi pada interface wlan misalnya wlan1. Dan mode perangkat ini kita ubah ke station, maksudnya isi darikonfigurasi tersebut pada wlan? Wireless dengan Mode station ini digunakan sebagai wireless client/penerima pada topologi PTP (Point To Point) atau PTMP (Point To Multi Point). Sudah paham ? jika belom maka ada keterangan dipostingan selanjutnya. Lalu kembali ke settingan konfigurasi bahwa si router ini jadi client penerima wifi saja. maka kita ubah menjadi mode station. Sebenarnya banyak sekali modenya, dan setiap mode memiliki fungsi berbeda beda, untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat Disini. Setelah modenya sudah diatur, kemudian set band nya menjadi 2ghz-b/g/n, Jika sudah, atur security profilenya ke security profiles yang sudah di buat tadi. karena tadi sudah membuat dengan nama "azrichwifi", dan ini harus disamakan.

Dan untuk selebihnya kita setting default saja. Sebenarnya masih ada settingan untuk cara mengatur frekuensi, channel dan dll. btw ane belom tau semuanya.


Lalu edit nama ssdi wlan satu seperti ap hotspot.


Namanya sesuai yang tadi kita settingin dibagian hape. lalu kita pencet ctrl+o untuk mengsave file yang kita edit tersebut.


Untuk melihat Settingan yang tadi kita setting maka cukup dengan "interface wireless print" dan lihat digambar dengan strip kuning itu menandakan bahwa yang kita setting tersebut itu udah sama yang tadi kita setting.


Lalu kita check kembali ke hape bahwa sudahkah si router ini masuk kedalam hape. Dan kita balik ke winbox.

Untuk melihat ip address apakah sudah diisi atau belom maka kita check dulu dengan script "ip address print"


Jika belom ada sama sekali maka kita akan meminta Settigan ip (IP Address, DNS, Default route) dari si ap-hotspot ini.

Jika sudah dicheck bahwa ip dhcpnya ke wlan satu tetapi masih di disable maka kita aktifkan dengan script "ip dhcp-client enable number="item" " . Jika sudah di enable maka kita check. maka dengan cepatnya router meminta ip address dari hotspot tersebut.

Untuk melihat ip address yang kita sudah konfigurasi maka kita check.

Lalu pastikan Ping ke website bisa.

Sekian karena materi ini tidak menggunakan kabel untuk mengkonfigurasi network ke jaringan maka menggunakan wireless kemudian script ini berlaku untuk dimikotik. Salam Salaman :v
Wassalamualaikum wr.wb


EmoticonEmoticon