Tuesday 18 April 2017

LAB Centos 8.1 | APACHE | Pengenalan dan Membuat Apache Web Server

Assalamualaikum wr.wb.

Seisi indahnya langit dan bumi. Tiada indahnya ketika saling berbagi. Ketika berbagi itu akan mendapatkan pahala. Apalagi ilmu, sangat mengalir seperti lautan yang sebesarnya amazon. wkwkwkwk :v yok masih bersama admin disini. Tadi admin lagi ngarang bikin buku wkwkwk. yapz kali ini ane bakal sharing ilmu. Yaitu........


Pengertian Apache itu apaa ? jadi Apache adalah sebuah Web Server yang bisa digunakan diOS berbasis Linux. Ya bisa membuat Web Server dengan menggunakan Apache ini karena ini software yang bisa membuat Web Server selain Apache ada juga loh temennya namanya Nginx. Karena sekarang admin akan mengeshare bagaimana cara membuat Web Server di Centos 7. Apa aja yang dibutuhkan ?? Jom lets go.

Untuk membuat Web Server yang harus dibutuhkan :
  • DNS
  • CentOS 7
  • HTML
yok lanjut saja ke bawah ini. Berikut Topologi untuk sederhana. 


Langsung saja ke Konfigurasi Sebagai berikut.

Pertama kita Install httpd terlebih dahulu dengan command line
"yum install httpd -y"

Lalu kita Masuk ke file yang ada di /etc/httpd/conf/httpd.conf lalu kita konfigurasi beberapa yang ada didalam file itu.

Yang bagian Server admin itu tambahkan email yang berfungsi apabila ada masalah dengan webserver , muncul lah email admin yang mengelola web server tersebut. Dan hal ini klient bisa mengirimi mail untuk menanyakan permasalahan pada webserver tersebut. Lalu yang bagian servername itu ada nama domain beserta port web. Hal tersebut untuk melakukan pengenalan identitas nama domain dan port bila klient memasuki webserver tersebut. mengkonversi ip address ke nama. Bila anda tidak ada DNSnya bisa menggunakan ip address beserta portnya

Lanjut ke bawah ada settingan yang harus kita ganti dibagian directory /var/www biar si apache ini telah memberi akses untuk membaca yang telah ditentukan pada directory www ini. dan AllowOverride ini mengsampingkan hal itu.


Lalu kita menambahakan isi format dari tambahan tertentu. disini ana menambahkan format cgi dan php. dan cara menambahkan nya namafile.cgi namafile.php .

Dan kita menjalankan dan mengenable service httpd agar bisa digunakan.

Memberi akses firewall tentang http. agar bisa diakses pada web browser dan tahap ini membuka port default web(80) kemudian mereload firewall agar servicenya allownya berjalan 

Buka Web browser dan ketik dns anda dikolom address bar dan muncul halaman awal default dari apache.

Untuk membuat file htmlnya kita bisa buat didirektori /var/www/html/ gunanya disitu karena settingan untuk memanggil data html ke web browser.

Lalu isi Script html agar bisa dibuka diweb browser.

Silahkan Reload tab yang tadi anda sudah buka dengan dns anda sendiri :D

Sekian Semoga bermanfaat. dan tunggu Post berikutnya. :D
Wassalamualaikum Wr. Wb.


EmoticonEmoticon