Friday 21 April 2017

LAB Centos 8.4 | APACHE | Konfigurasi Userdir

Assalamualaikum wr.wb.

Yooo kejar Dateline biar gak sepuluh kali putaran dalam 1 lab :v. Selanjutnya dari postingan sebelumnya tentang format file php. Kali ini ana bakal share cara menguserdir pada web server. Fungsinya buat apasih ?

Jadi Fungsi dari userdir ini si user bisa membuat web sendiri dengan settingannya sendiri. Jika didalam hal bisnis ini sangat dibutuhkan karena kita cuman menyediakan web server domain yang ujung ujungnya nanti ke web hosting. langsung saja kita ke konfigurasi enable userdir ini.

1.Buat user dengan nama yang ingin disesuaikan.
2.Buat file .conf untuk settingan enable fitur userdir di /etc/httpd/conf.d

3. Diubahlah sesuai gambar yang telah diedit.
Pada settingan yang telah diganti kita aktifkan userdirnya  lalu dibawahnya dibagian userdir public_html. Maksud dari kita akan membuat file diuser dengan nama public_html agar bisa terhubung pas konfigurasi nanti.

4.Ubah dibagian bawahnnya tentang allow directory user/public_html. ubah dibagian AllowOverride dan dioption ke dibawah ini.
Kearah settingan all dan none.

5. Lalu Restart httpd.

6.Buat direktori baru di user tadi. karena kita tadi telah membuat user otomatis telah membuat directory baru dan kita tambahkan direktory baru bernama public_html. 

7. Chmod atau Change modification pada script "chmod 711 /home/hafizi" berguna untuk memberikan akses execute pada group hafizi dan other user. Jadi agar semua orang dapat melihat file yang merupakan konten dari userdir yang telah dieksekusi oleh httpd untuk ditampilkan menjadi konten web (hanya untuk direktori yang telah diberikan akses read terhadap other user).

8. chown hafizi:hafizi /home/hafizi/public_html  Maksud dari Script ini directory public_html ini sepenuhnya menjadi kepemilikan si user  hafizi.

9. chcon –R –t httpd_sys_content_t /home/hafizi/public_html  berguna untuk mengubah keamanan selinux context terhadap direktori tersebut secara keseluruhan berikut isi didalamnya agar dapat diakses http sebagai direktori yang berisi sebuah konten website

10. Kita buat file htmlnya.

11. Masukan script html sesuai yang anda inginkan.

12. Ubah permissions terhadap file yang telah dibuat tadi menjadi  644 seperti default dari pihak root.

13. Atur selinux Boolean agar mengizinkan httpd mengakses userdir.

14. Buka www.domain.com/~user/ untuk membuka halaman userdir yang telah dibikin pada webserver anda.

Sekian Terima kasih :D 
Wassalamualaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon