Thursday 8 June 2017

Windows Server 2012 | Backup & Restore | Backup Spesific Folder

Assalamu'alaikum, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang melakukan Backup dan Restore Spesifik Folder pada windows server 2012. Jadi, jika pada postingan sebelumnya saya melakukan Backup secara keseluruhan atau full, sekarang saya akan mencoba untuk melakukan backup pada folder tertentu saja.

Langsung saja kita kematerinya langsung tanpa basa basi

Tutorial
Pertama kita buka Windows Server Backup nya, lalu ke bagian local Backup lalu pada Actions pilih backup once ...


Sekarang pada Backup options, pilih saja Differents options, karena kita belum atau tidak membuat jadwal untuk membackup. Tapi jika anda sudah membuat jadwal membackup, anda bisa menggunakan Scheduled backup options


Karena kita membackup spesifik folder atau folder tertentu, kita pilih yang custom


Dan inilah tempat pemilihan folder yang akan kita backup, dan saya akan mencoba untuk membackup folder inetpub yang sudah saya buat sebelumnya


Untuk tujuan membackup nya, saya pilih remote shared folder, karena saya sudah membuatnya sebelumnya. Jika anda tidak mau, anda bisa memilih local drives untuk tujuan membackup nya


Location, isi dengan lokasi shared folder yang sudah anda buat sebelumnya


Lalu ok saja


Confirmation, langsung saja backup


Dan proses backup pun berlangsung


Dan jika selesai maka statusnya akan Completed

#Ket :
Kenapa datanya 700-anKB ?
Karena folder yang saya backup ini, hanya localhost saja :v



Dan anda bisa mengeceknya dengan mencari folder WindowsImageBackup, karena pada folder tersebutlah data backup anda berada

#Ket :
Sesuai namanya, windows backup ini menjadikan data anda menjadi bentuk image(ISO), jadi jika anda buka folder tersebut, anda tidak akan menemukan data anda dalam bentuk yang semestinya


Atau bisa juga melihatnya pada local backup anda


Restore
Untuk restore, pilih "recover"


Selanjutnya akan muncul window baru, dan pada awalan pilih "a backup stored on another location", ini maksudnya adalah memilih destinasi file backup nya yang ada di lokasi lain


karena tadi memilih other stored, selanjutnya pilih "remote shared folder"


Dan selanjutnya pilih lokasi nya


Dan selanjutnya pilih backup datenya



dan pilih "files and folders"


dan pilih file/folder yang akan di restore


Selanjutnya masukkan destinasi file nya akan di letakkan dimana, sebagai contoh nanti saya akan merestore di disk C:\. Dan saya memilih Overwrite ... karena saya hanya ingin terdapat satu folder inetpub pada server saya

disini pilih "recover"

Dan inilah hasilnya saat berhasil



dan nanti akan muncul activity kalau restore berhasil , tetapi ada tanda kuning disamping tanggal, kemungkinan menurut saya itu tidak apa apa karena yang kita restore itu cuman file awalan web IIS.


Saat kita cek pada servernya


Sekian dari saya, mohon maaf apabila banyak salah mohon dikomentar...
Wassalamu'alaikum wr wb


EmoticonEmoticon