Wednesday 1 February 2017

Router, Switch, VLAN

Assalamualaikum wr.wb

Yo gan masih sama ane di blog ini. Kali ini ane bakal share ilmu kelas satu ane yaitu seputar switch, router,vlan. Sebelum itu ane mau tau ke anda semua, kamu semua pernah melihat switch dan router ? kalau belom ane ntar ngasih gambarnya pas dipenjelasan. Kalau masalah vlan itu konfigurasi di switch atau di router. Nah sekarang ane bakal ngejelasin apapun tentang materi ini. Mau tahu kelanjutannya apa ? cek aja di blog ini….

Pertama kita akan menjelaskan tentang switch.

Switch

Switch adalah suatu perangkat keras jaringan untuk menghubungkan user atau pc atau host yang lain dan membentuk beberapa jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.

Nah fungsi dari switch ini kita sebagai manajemen jaringan komputer, switch ini dikasih tugas yaitu mengirimkan paket data sampai ke tujuan yang meminta.

Kemudian cara kerja switch itu sangat lah singkat. Switch itu berada di layer 2. Layer 2 itu mac address, jadi jika anda meminta paket data ke switch maka mac address anda akan tercatat di table switch tersebut. Lalu jika yang meminta di reply oleh link atau sumber lain maka port yang lain tidak terbaca dan tertuju oleh mac yang meminta data itu.

Ternyata switch itu mempunyai macam dan fungsi dari macam-macam itu berbeda. Mau tahu apa saja ? yok lanjut …

Switch ini terbagi menjadi 2 macam berdasarkan model OSI bisa anda cari di google.com dimana ada switch layer 2 dan layer 3 nah ini pun ada fungsinya.

Switch layer 2 ini cuman bisa ngebaca mac address dan membuatnya ditable mac address tersebut.

Dan switch layer 3 ini yang ada pada lapisan model OSI, dimana switch dapat meneruskan paket data menggunakan IP address. Switch layer 3 (tiga) sering disebut dengan switch routing ataupun switch multilayer. Dan itulah penjelasan mengenai Switch layer 3.

Lalu ada switch berdasarkan pemakaiannya ada unmanageable dan manageable. apasih perbedaaanya ? kalau yang unmanageable itu tinggal plug and play. Lalu kalau yang manageable itu bisa dikonfigurasi.

Dan sekarang ane bakal ngejelasin tentang router secara singkat.

Router
Router itu apa ? jadi router itu adalah perangkat keras jaringan yang digunakan menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router ini sebuah alat untuk pengiriman paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, nah proses ini disebut routing.

Proses routing itu terjadi pada layer 3 dari stack 7 layer osi. Terkadang digunakan untuk mengoneksi 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti switch ke router.

Fungsi router ini sebagai pembagi atau mendistribusi IP address, secara static dan dinamik ke semua komputer yang terhubung. Dan pembagian ip dari router itu dapat saling terhubung.

Cara kerja router yaitu si router ini memiliki table juga seperti kaya switch tetapi berbeda fungsi kalau table yang ada di router itu table routing yang berisikan informasi tujuan,jarak menuju arah tujuan. Dalam table routing ini terdapat static route dan dynamic route yaitu:

– Stastic Route adalah Proses pengisian tabel routing yang dilakukan secara manual oleh administrator
– Dynamic Route adalah Proses pengisian tabel routing yang dikelola oleh routing protocol. beberapa protocol yang biasa digunakan adalah RIP, IGRP, OSPF, BGP, dan lain – lain.

Lalu ane bakal ngetik tentang vlan.
VLAN
Kepanjangan VLAN adalah Virtual Local Area Network. Defisinya LAN yang dihasilkan dari Virtual, bukan secara fisik. Dengan keluarnya VLAN ini sangat banyak manfaat untuk kemajuan dibidang IT agar lebih efisien. hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan.

Contoh vlan
VLAN diciptakan untuk menyediakan layanan segmentasi secara tradisional disediakan oleh router di konfigurasi LAN. VLAN menangani masalah-masalah seperti skalabilitas, keamanan, dan manajemen jaringan.

Kegunaan Dari vlan ini anda bisa meminimalisir kemungkinan ip ada yang konflik, mencegah collision domain (tabrakan domain), mengurangi tingkat celah keamanan.
Kelebihan dan kekurangan VLAN ini

Kelebihan
  1. Security- Kemanan ini dapat dibuat sendiri, dan kelompoknya bisa dipisah secara logika. 
  2. Penghematan memanejemen switch dalam pembagian port.

Kekurangan
  1.  Secara logika berbeda network tetapi masih satu network secara fisik
  2. Ketika ingin membroadcast. Broadcast ini dikirim kesemuannya
  3. Ketika jumlah banyak host-nya maka kerja DHCP akan berantakan dan tidak bisa diduga.
Ketika kita ngekonfik vlan ini ada 2 port yang bisa digunakakan yaitu Port access dan Port Trunking.
Port access ini port yang menghubungkan pc ke switch. Dan Port Trunking itu port yang menghubungkan antar switch.

Jadi kesimpulan dari post blog ini Tentang perangkat jaringan dan metode konfigurasi pada switch yang manageable. Kurang lebihnya ane maaf yak. kalo ada yang bingung komen aja .

Wassalamualaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon